Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Ikan Mas Koki Tercantik dan Terpopuler di Dunia

Tidak hanya anjing atau kucing, ikan juga menjadi favorit peliharaan manusia. Dari berbagai jenis ikan yang digemari untuk dipelihara salah satunya adalah ikan mas koki.

Ikan satu ini juga kerap menjadi buruan para pecinta ikan hias lho. Dengan harga beli yang bervariasi, harga ikan ini dibedakan menurut kecantikan dan keunikan dari ikan mas koki tersebut.

10 Jenis Ikan Mas Koki Tercantik dan Terpopuler di Dunia

Nah, kali ini kita akan membahas 10 jenis ikan mas koki tercantik dan terpopuler di dunia.

10. Mas Koki Ryukin

Bentuk ikan Mas koki ryukin
Ikan mas koki ryukin. Sumber: hewanairinfo.blogspot.com

Ikan ini menjadi salah satu ikan hias air tawar yang populer di dunia, ikan yang berasal dari Asia Timur ini memiliki nama ilmiah Carassius auratus.

Mereka memiliki ciri khas tubuh pendek, berpunuk dan sirip yang lebar. Ikan ini memiliki warna merah tua, merah putih, putih, perak, biru, hitam, orange dan abu-abu. 

Panjang ikan ini bisa mencapai 21 cm, dengan beberapa laporan mengungkap ada yang berukuran 25 cm. Pada umumnya ryukin memiliki dua varian lainnya, yakni yamagata kinyo dan tetsuo naga.

Ryukin tergolong dalam ikan yang memiliki harga beli cukup tinggi guys. Hal ini dikarenakan ryukin bukan ikan yang berasal dari Indonesia dan termasuk langka lho. Kebanyakan ikan ini didatangkan dari luar negeri.

9. Mas Koki Lionhead

Bentuk Ikan mas koki lionhead
Ikan mas koki lionhead. Sumber: akuariumhias.blogspot.com

Jenis ikan koki satu ini merupakan salah satu varietas ikan hias yang sangat populer di Indonesia. Ciri khas mereka adalah adanya gumpalan di sisi kepalanya yang mirip dengan buah Berry guys.

Untuk ukurannya sendiri, mas koki lionhead dewasa berukuran antara 10 hingga 16 cm. Ikan mas ini juga memiliki berbagai varian warna yaitu orange, merah, putih, biru, merah putih dan coklat. Warna paling diminati yaitu warna kuning pucat dan putih di bawah dan merah dibagian kepala.

Jika ingin memelihara ikan ini, hendaknya memperhatikan suhu air ya, karena ikan ini sensitif terhadap suhu air yang rendah. Perlu kamu perhatikan, bahwa mereka juga lebih baik tidak ditempatkan bersama dengan ikan yang berenang cukup cepat guys. 

Karena mas koki lionhead merupakan perenang lambat, hewan ini termasuk dalam hewan omnivora, sehingga mereka dapat berkembang dengan makanan yang kaya akan kandungan hewan dan tumbuhan.

8. Mas Koki Black Moor

Bentuk Ikan mas koki black moor
Ikan mas koki black moor. Sumber: gerava.com

Bila kebanyakan mas koki lainnya berwarna antara merah, orange dan putih, maka berbeda halnya dengan ikan satu ini. Sesuai namanya, black moor dikenal dengan ciri khasnya yang berwarna hitam pekat dengan mata yang lebih menonjol.

Ikan ini juga memiliki kombinasi warna hitam kontras yang cukup menarik dan cocok dipadukan dengan mas koki jenis lain. Mereka juga sering disebut dengan nama Brush fillmore, Black demekin dan BlackBerry Onyx office.

Mereka dapat tumbuh hingga panjang sekitar 15 cm guys, perawatannya yang mudah, membuat banyak pecinta mas koki gemar memelihara jenis ikan satu ini.

7. Mas Koki Bubble Eye

Bentuk Ikan mas koki bubble eye
Ikan mas koki bubble eye. Sumber: mesinpeletikanapung.com

Mas koki jenis ini, memiliki ciri fisik unik lho. Mereka memiliki semacam gumpalan menyerupai balon yang terletak di sisi bawah matanya. Gumpalan berisi cairan yang ada di sisi bawah matanya ini, membuat bubble eye terlihat unik dan makin lucu sebagai ikan hias.

Gumpalan ini mulai terisi cairan pada usia 6 hingga 9 bulan, dan akan semakin membesar saat berusia dua tahun. Layaknya balon yang terisi air bila mendapat tekanan yang besar, gumpalan ini juga dapat pecah.

Hewan ini tidak memiliki sisik pada bagian kepala dan tidak memiliki gigi, mereka menghancurkan makanannya lewat tenggorokan guys.

6. Mas koki Calestial

Bentuk Ikan mas koki calestial
Ikan mas koki calestial. Sumber: icalofish.com

Mirip dengan Mas koki Bubble Eye, calestial juga memiliki tonjolan di bawah matanya, hanya saja tonjolan yang mirip dengan kantung mata ini tidak sebesar seperti milik bubble eye.

Hal nik lainnya adalah matanya ini menghadap ke atas guys, mereka juga tidak memiliki siripnya di punggungnya. Mata yang menghadap ke atas membuat hewan ini tidak memiliki penglihatan yang baik.

Hal ini berakibat juga pada kemampuan berenangnya yang tidak sehebat ikan lain dan cenderung berenang secara statis.

5. Mas Koki Fantail

Bentuk Ikan mas koki fantail
Ikan mas koki fantail. Sumber: youtube/A. Eliza

Mas koki fantail memiliki tekstur warna yang mirip dengan mas koki ryukin. Ikan yang dijuluki dengan nama ekor kipas ini, memiliki tekstur seperti mengembang. Hanya saja mereka memiliki perbedaan pada bagian ekor yang pendek sehingga lebih lincah dalam bergerak.

Jenis ikan satu ini merupakan jenis ikan mas koki paling digemari di Jepang. Mereka memiliki satu sirip atas yang tegak dan empat sirip bawah. Biasanya ikan ini memiliki campuran warna antara merah dan orange, yang menghasilkan gradasi dua warna yang menarik.

4. Mas Koki Shubunkin

Bentuk Ikan mas shubunkin
Ikan mas shubunkin. Sumber: fishkeepingworld.com

Hewan ini memiliki ciri khas warna orange dengan pola hitam di sekujur tubuhnya, mereka memiliki karakter yang tangguh dan lincah. Ciri fisik ikan ini adalah memiliki ekor tunggal dengan sisik yang berkilau seperti mutiara.

Mas koki shubunkin dapat tumbuh mencapai panjang tubuh hingga 46 cm ketika dewasa guys. Jika memiliki pola makan dan kondisi air yang tepat, ikan ini dapat hidup sekitar 10 hingga 15 tahun lho.

Shubunkin sendiri diciptakan oleh Yoshigoro akiyama dengan menyilangkan ikan mas teleskop dengan mas koki komet. Hal itulah yang membuat ikan ini memiliki kemiripan dengan maskoki komet.

3. Mas Koki Oranda

Bentuk Ikan mas koki oranda
Ikan mas koki oranda. Sumber: gerava.com

Ciri fisik oranda hampir sama dengan lionhead guys, yang memiliki gumpalan diatas kepalanya. Perbedaan antara keduanya adalah gumpalan pada mas koki oranda hanya terdapat pada bagian atas kepala saja, sehingga mirip dengan konde. 

Mereka memiliki tubuh besar dan panjang, disertai dengan ekor yang panjangnya 4 kali lipat lebih panjang. Mas koki oranda mempunyai beragam, warna mulai dari orange, merah, merah putih, hitam, coklat, perak dan kaliko.

Oranda dewasa mampu mencapai panjang tubuh maksimal hingga 30 cm. Mas koki jenis ini termasuk yang sensitif terhadap suhu air rendah, tetapi dapat dipelihara bersama dengan jenis ikan mas lain.

2. Mas Koki Ranchu

Bentuk Ikan mas koki ranchu
Ikan mas koki ranchu. Sumber: bebeja.com

Mas koki satu ini memiliki tampilan eksotis dan tak kalah unik, di Jepang ikan ini dikenal dengan varietas ikan mas mewah dan dijuluki dengan sebutan raja ikan mas.

Mas koki ranchu memiliki punggung melengkung dan ekor yang pendek guys. Mereka tidak memiliki sirip punggung dengan ciri menonjol di kepalanya, rancbu dewasa memiliki panjang antara 15 hingga 29 cm.

Kebanyakan dari mereka berwarna orange, merah, putih, biru, hitam, kombinasi hitam putih, kombinasi hitam merah dan coklat. Mereka dapat beradaptasi dengan baik terhadap kualitas air dan fluktuasi PH. Mas koki jenis ini mampu hidup hingga usia 10 tahun.

1. Mas Koki Mutiara

Bentuk Ikan mas koki mutiara
Ikan mas koki mutiara. Sumber: duniaq.com

Seperti namanya, Mas koki satu ini dilengkapi dengan sisik mutiara di tubuh mereka. Ikan yang memiliki ciri fisik tubuh bulat ini, menjadi salah satu ikan yang sangat populer di kalangan penggemar ikan hias.

Sisik-sisik mereka terlihat seperti mutiara, karena bagian tengahnya yang menonjol dan pada umumnya berekor kembar. Mereka memiliki variasi warna yang beragam, mulai dari hitam, merah, biru dan kombinasi antara merah dan putih. Mas koki mutiara memiliki ukuran tubuh antara 10 hingga 15 cm.

Jika mendapat perawatan yang baik, bukan tidak mungkin jika mereka dapat tumbuh lebih panjang dari itu. Mereka memerlukan perawatan yang khusus dan harus diperlakukan dengan sangat halus guys. Karena bila tidak ditangani dengan benar, sisiknya bisa rusak lho.


Nah, itulah mengenai 10 jenis ikan mas koki tercantik dan terpopuler. Ikan Mas koki merupakan salah satu ikan hias populer, di Indonesia ternyata memiliki berbagai varian ya, dengan ciri khas masing-masing.