Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Burung Kolibri dengan Keunikannya yang Belum Kamu Tahu

Burung kolibri merupakan burung terkecil didunia dengan hanya memiliki panjang tubuh 5,7 cm dan berat 4,5 gram. Mereka terbagi menjadi beberapa jenis dengan keunikan masing-masing.

Meski memiliki tubuh yang kecil, kolibri tercatat sebagai burung dengan kepakan sayap tercepat didunia yakni sekitar 200 kepakan per detik. Masih banyak lho keunikan lainnya dari burung kecil ini yang mempunyai beragam kelebihan tersembunyi.

10 Jenis Burung Kolibri dengan Keunikannya yang Belum Kamu Tahu

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa jenis burung kolibri dengan keunikannya yang belum kamu tau.

10. Kolibri Lebah

Burung kolibri lebah
Kolibri lebah. Sumber: instagram.com/eyeopeningbirdsoftheworld

Jenis kolibri satu ini merupakan hewan endemic dari kuba terutama bagian tengah, selatan dan barat. Habitatnya berada di taman, hutan dan pekarangan dekat sumber makanannya berada, yakni nectar bunga.

Hewan ini dinamai dengan kolibri lebah karena ukuran tubuhnya yang sedikit lebih besar dari seekor lebah. Burung ini memiliki penampilan yang cantik dengan bulu berwarna biru cobalt disekujur tubuh dan perpaduan warna merah serta hitam disekitar kepala.

Ketika mereka telah menemukan sumber makanannya, mereka akan menjaga dengan baik makanannya itu dari kolibri lain yang ingin mendekat, ia akan mengusir kolibri mana saja yang mendekat guys.

Burung kecil ini dianugerahi kecepatan kepakan yang bukan main lho, yakni 80 kepakan perdetik. Dilansir dari want kind planet, kolibri lebah juga dapat terbang dengan kecepatan 40-49 km/jam dengan daya manuver yang baik.

9. Kolibri Leher Rubi

Burung kolibri berleher rubi
Kolibri leher rubi. Sumber: majalahhewan.com

Kolibri jenis ini biasa menghabiskan waktunya saat musim dingin diwilayah amerika tengah, meksiko dan florida. Panjang tubuhnya sekitar 7-9 cm dengan berat mencapai 6 gram. Kolibri leher rubi memiliki punggung berwarna hijau metalik dengan bagian bawah tubuhnya berwarna putih ke abu-abuan, serta leher berwarna merah rubi.

Hewan ini akan bermigrasi ke amerika utara bagian timur untuk berkembang biak di musim panas. Mereka akan bermigrasi sejauh 900 mil melintasi teluk meksiko dan karibia dari panama ke amerika serikat, bagian timur.

Ketika musim kawin, kolibri leher rubi dapat mengepakan sayapnya hingga 200 kepakan/detik guys. Burung kecil ini bersifat antisosial, soliter dan sangat teritorial. Mereka akan mencari makan disiang hari dan menghemat energi ketika suhu turun, terutama pada malam hari. Burung ini biasa memakan nectar, serangga kecil dan laba-laba.

8. Kolibri Costa

Bentuk burung kolibri costa
Kolibri costa. Sumber: wikiwand.com

Hewan satu ini dapat dijumpai didaerah padang pasir, wilayah amerika utara. Burung kolibri costa juga memiliki warna bulu yang indah seperti jenis yang lain. Pejantannya memiliki warna bulu ungu disekitar kepala, yang terlihat mengkilap. 

kelebihan pejantan ini adalah trik ketika mereka ingin mencari perhatian betina, mereka akan mengembangkan bulu ungunya agar si betina terpikat melihatnya. Tidak hanya memperlihatkan bulu indahnya, si pejantan juga akan menari-nari disekeliling kolibri betina.

Dalam hal membuat sarang, betina memakai bahan dari serat tumbuhan, sutra laba-laba dan dilapisi dengan lumut untuk menahannya.

7. Kolibri Ekor Spatula

Bentuk burung kolibri spatula
Kolibri ekor spatula. Sumber: perunorth.com

Ada ciri khusus yang dapat membedakan kolibri ini dengan jenis lainnya guys. Burung kolibri pejantan ini memiliki dua buah ekor yang memanjang dan lurus, dimana salah satu ekornya panjang dan melengkung.

Ekor dengan ujung mirip spatula inilah, yang membuat kolibri ini dijuluki sebagai kolibri ekor spatula. Keunikan dari kolibri ini dimanfaatkan oelh hewan tersebut untuk menarik perhatian si betina. Meski sebenarnya, tidak hanya betina yang tertarik dengan ekor unik milik pejantan ini, kita manusia pun juga tertarik, karena ekor satu ini sangat unik dan tidak semua burung kolibri memilikinya.

Bahkan beberapa orang memburu hewan kecil ini karena terpukau dengan keunikan ekornya. Wahh, mereka harus terbang dengan gesit nih dan berhati-hati agar tidak tertangkap pemburu ya.

6. Kolibri Paruh Pedang

Kolibri paruh pedang. Sumber: Alejandro Bayer Tamayo from Armenia, Colombia/Wikipedia/CC BY-SA 2.0

Sesuai namanya, kolibri ini memiliki paruh panjang dan lancip mirip pedang yang menjadikannya burung dengan paruh terpanjang didunia. Paruh panjangnya saja hampir menyamai panjang tubuhnya kolibri ini, yakni 11-12 cm.

Memiliki paruh terpanjang, tentu membawa keuntungan tersendiri bagi species ini. Mereka dapat mengambil nectar dari tumbuhan yang berbentuk lonceng atau bermahkota panjang, sehingga mampu menjangkau bagian terdalamnya.

Disisi lain, memiliki paruh yang sangat panjang membuat kolibri ini tidak bisa menelisik bulunya menggunakan paru guys. Sebagai gantinya, mereka menggunakan kaki. Selain itu, ketika bertengger, paruhnya akan dimiringkan keatas untuk menjaga keseimbangan.

5. Kolibri Kelapa

Bentuk burung kolibri kelapa
Kolibri kelapa. Sumber: burungcantik.com

Burung yang juga dikenal dengan nama kolibri manggal ini memiliki nama latin andraptes colensis. Habitatnya berada di perkebunan kelapa, pinggir pantai atau hutan mangrove.

Mereka memiliki warna bulu yang indah, yakni metalik yang berada di bagian kepala hingga leher dengan warna biru, apalagi jika terkena matahari terlihat mengkilap guys. 

Hewan ini memiliki sifat agresif dan tidak segan-segan lho akan mengusir burung madu lain yang mencari makan disekitar kolibri kelapa. Sarang burung ini tak kalah unik dengan warna bulunya, yakni berbentuk seperti kantung menggantung yang terbuat dari serat rumput kering. Selain menghisap nectar, mereka juga memangsa kupu-kupu kecil dan laba-laba.

4. Kolibri Ninja

Bentuk burung kolibri ninja
Kolibri ninja. Sumber: sakata.id

Kolibri jenis ini dapat kita jumpai di Indonesia dengan nama kolibri tasik atau kolibri raja. Dialam liar, burung ini dapat dijumpai dipinggir hutan, hutan karet dan pesisir pantai. 

Kolibri jantan memiliki warna hijau metalik pada bagian kepala, leher berwarna ungu dan dada berwarna merah coklat dan abu-abu. Hampir sama seperti kolibri lainnya, kolibri ninja memakan nectar sebagai asupannya.

Hewan ini mampu menirukan suara burung lain yang membuatnya memiliki peminat yang banyak. Selain itu, jenis ini dikatakan sebagai burung yang dapat terbang dengan gerakan mundur, pantas saja ya bernama kolibri ninja.

3. Kolibri Sepah Raja

Bentuk burung kolibri sepah raja
Kolibri sepah raja. Sumber: jalaksuren.net

Hewan satu ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, yakni 13 cm. Pejantannya memiliki bulu berwarna merah terang pada dahi dan ungu pada ekor pendeknya.

Tidak banyak yang tau, bahwa burung ini memiliki kekebalan tubuh yang baik. Mereka dapat dijumpai dihutan tropis, pohon ceri dan perkebunan. Tempat tinggalnya yang ada di pohon ceri, dimanfaatkan oleh hewan ini untuk menghisap ceri disana.

Mereka membuat sarang dengan menggantungnya dekat permukaan tanah, tepi hutan atau belukar sekunder. Hewan ini hidup tersebar di india, asia tenggara, tiongkok selatan, malaysia dan filipina.

2. Kolibri Black Sunbird

Bentuk burung kolibri black sunbird
Kolibri black sunbird. Sumber: hbw.com

Kolibri jenis ini merupakan satwa endemic Indonesia yang tersebar di Sulawesi, maluku dan papua. Burung ini biasa dijumpai dihutan kanopi, pinggiran hutan, hutan mangrove dan kebun.

Hewan satu ini memiliki paruh panjang dengan ekornya yang melengkung, ekornya berwarna kehitaman yang agak panjang dan hanya terdiri dari beberapa helai saja.

Ketika mencari makanan, burung ini akan mengunjungi tanaman yang sedang berbunga lebat yang ada dihutan. Mereka akan terbang rendah mengitari kelompok bunga yang akan dihisap sari bunganya.

Ketika musim kawin, mereka akan membangun sarang yang terbuat dari rumput dan jaring laba-laba, serta berada menggantung diatas pohon.

1. Kolibri Wulung

Bentuk burung kolibri wulung
Kolibri wulung. Sumber: arenahewan.com

Burung kolibri satu ini juga memiliki keunikan yang tak kalah dari kolibri jenis lainnya. Hampir sama dengan beberapa jenis kolibri lain, kolibri wulung dapat dengan mudah dan cepat berkicau.

Ketika berkicau, mereka akan menggerakan ekornya naik turun, sesuai dengan tempo durasi irama yang dimainkan. Untuk masalah kicauan, kolibri wulung pejantanlah yang biasa berkicau dengan lincah, rajin dan memiliki beberapa variasi kicauan.

Jika ingin memelihara burung ini, hendaknya menempatkan satu kolibri dalam satu sangkar ya guys. Sebab mereka memiliki jiwa petarung, sehingga tidak segan-segan akan berkelahi bila ditempatkan diruang yang sama. Jadi lebih baik ditempatkan disangkar yang berbeda ya, jika ingin memelihara burung ini lebih dari seekor.

Nah, itulah mengenai 10 jenis burung kolibri dengan keunikannya yang belum kamu tau.

Meski memiliki fisik mungil, mereka mempunyai beberapa kelebihan yang tidak bisa diremehkan ya. Mereka juga memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan pada burung lain.