Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 10 Binatang Aneh Yang Sempat Viral di Internet

Segenap hewan yang hidup di bumi, diciptakan dengan bentuk fisik disertai sifat dan kebiasaan yang berbeda-beda. Bentuk tubuh mereka umumnya sesuai dengan habitat dimana mereka hidup, jenis makanan atau cara mereka bergerak guys.

Semut Aneh di Dunia
Ilustrasi Semut Peledak. Sumber: kejadiananeh.com

Hal ini juga menjadi faktor penting yang berhubungan dengan kemampuan mereka beradaptasi pada area tempat tinggal. Tapi bagaimana jadinya, jika hewan yang memiliki bentuk fisik atau kebiasaan unik, bahkan dianggap aneh ditemukan orang lalu membuat heboh. 

Karena mereka belum pernah melihat hewan seperti itu sebelumnya. Nahh kali ini, Admin akan membahas 10 hewan aneh yang sempat viral di internet.


10. Penguin

Penguin Aneh di Dunia
Ilustrasi pasangan penguin. Gambar: Pixabay/Capri23auto

Sekilas memang tidak ada bedanya 2 pinguin ini dengan pinguin lainnya guys. Karena kenehan mereka, justru terletak pada orientasi seksual si pinguin. 

Lhaa kok bisa? Ya fenomena ini terjadi di Oceanic Aquarium di Valencia, Spanyol. 2 ekor pinguin betina bernama Electra dan Viola tampak selalu beredekatan, bahkan menjalin kasih seperti layaknya pasangan pinguin jantan dan betina pada umumnya.

Kalau begitu, mereka ngga bisa berkembang biak dong. nah untuk mensiasati hal tersebut, pihak Oceanic Aquarium memberi 2 buah telur milik pinguin lain untuk dierami oleh Electra dan Viola. Meskipun terbilang unik, tapi ternyata kasus seperti yang dialami Electra dan Viola ini bukan yang pertama terjadi pada species pinguin lo guys.

Dialam liar, ternyata tidak sedikit juga jumlah pinguin yang menjalin kasih antar sesama jenis. Namun kasus yang ini baru pertama kalinya terjadi di tempat penangkaran.


9. Tokek Kembar Siam

Tokek berkepala dua
Ilustrasi tokek kembar siam. Sumber: arto-mega.blogspot.com

Ternyata kasus kembar siam tidak hanya bisa terjadi pada manusia saja guys. Kasus seperti ini juga, bisa terjadi pada hewan, salah satunya seekor tokek di Tiongkok ini. Seorang netizen tiongkok membagikan sebuah video, dimana terlihat seekor tokek kembar siam tengah memakan serangga-serangga kecil.

Tokek tersebut memiliki 2 tubuh dan 2 kepala, serta memiliki total 4 kaki depan. Namun hanya memiliki sepasang kaki belakang dan 1 ekor saja. Mereka terlihat diletakan pada sebuah piring dan tampak sangat sehat guys.

Hingga saat ini, memang ada beberapa kasus hewan dengan kondisi kembar siam ya. seperti misalnya ular, kucing, kura-kura, babi atau rusa. Bisa jadi seperti kasus kembar siam lain, tokek inipun mengalami pertumbuhan yang tidak sempurna saat terjadi proses pembelahan sel. Jadi, jangan dikaitkan dengan hal-hal lain ya, apalagi hal mistis.


8. Kepala Ular

Ada apa sih dengan kepala ular?

Ya faktanya, kepala ular memang masih dapat bergerak, bahkan menggigit saat sudah terpisah dari tubuhnya guys. Salah satu buktinya adalah sebuah rekaman video yang memperlihatkan kepala seekor ular kobra yang masih mampu bergerak meski sudah terpenggal.

Nah! menurut para ahli, ular pada umumnya termasuk yang berbisa seperti cobra ini, masih bisa bertahan hidup selama 1 jam setelah badan dan kepalanya terpisah. Tidak hanya itu, si ular tetap dapat menggigit dan mengeluarkan bisa beracun.

Memang sistem syaraf ular, secara umum mampu merespon stimulus tanpa memerlukan otak untuk mengirimkan sinyal, kuat juga ya ular-ular ini.

Kejadian serupa juga pernah dialami oleh seorang koki diwilayah tiongkok, yang sempat tergigit kepala ular, meski sudah terpenggal selama beberapa menit sebelumnya guys.

Sayangnya nyawa koki tersebut, dikabarkan tidak bisa diselamatkan. Ini bisa menjadi kewaspadaan bagi kamu ya. Jika ada ular, sebaiknya diusir saja atau diserahkan pada komunitas reptile dan jika dalam kondisi terpaksa harus memenggal kepalanya. Tetap perhatikan bagian kepalanya ini ya, meski sudah terpenggal


7. Landak Tanpa Duri

Landak Aneh di Dunia
Ilustrasi Landak tanpa duri. Gambar: brilio.net

Hewan satu ini identik dengan duri tajamnya guys, yang berfungsi sebagai alat perlindungan diri dari predator. Tapi bagaimana jadinya, jika ada sekeor landak tidak memiliki duri sama sekali ditubuhnya.

Landak bernama nelson yang tinggal di Poxilocs, Wildlake Resque di Norfoc Inggris ini, tidak memiliki duri sama sekali. Karena tidak memiliki duri, ia mempunyai kebiasaan unik yang berbeda dengan landak lain.

Nelson akan menguncupkan atau menggulung tubuhnya, guna menghangatkan diri serta sebagai alat perlindungan dirinya. Dan kondisinya yang terbilang rentan ini, juga memerlukan bantuan manusia, karena ia relative tidak memiliki alat perlindungan diri yang efektif. Ia juga memerlukan scrub antiseptic dan pijatan dengan baby oil guys.

Namun katanya, kondisi nelson ini bukan yang pertama pada pusat penyelamatan hewan liar ini, juga ada landak bernama betty yang juga mengalami kondisi serupa disana.


6. Unta Tanpa kepala

Jika tadi ada ular tanpa tubuh, sekarang kita akan membahas unta tanpa kepala.

Waduhh, memang beneran ada tuh?

Guys! video yang memperlihatkan unta tanpa kepala pada tahun 2008 lalu, membuat jagat maya heboh karena si unta terlihat tidak memiliki kepala. Namun ia berjalan seperti biasa. Ya si unta terlihat tetap bisa berjalan normal meski tanpa kepala.

Tapi oh tapi, faktanya ternyata bukan seperti itu guys. Unta tersebut sebenarnya memiliki kepala kok. Hanya saja ia sedang menjilati bagian tubuhnya saat sedang terekam. Karena video diambil dari sisi samping kanan, membuat unta ini tampak seperti tidak memiliki kepala karena kepalanya tersembunyi guys di sisi tubuh kirinya.

Hehehe oalahh, ternyata hanya angle pengambilan video saja, yang membuat kepala si unta raib guys dan seolah-olah si unta itu tidak punya kepala.


5. Tikus Raksasa

Di Indonesia juga pernah ditemukan hewan aneh yang menghebohkan warga. Penemuan ini terjadi di kutai timur, Kalimantan timur. Tikus raksasa ini, awalnya diperkirakan adalah solenodon yang memiliki sifat hampir sama dengan ular.

Solenodon merupakan hewan langka primitive yang juga hidup di masa dinosaurus guys, dimana ia memiliki racun didalam tubuhnya. Racun ini menjadi alat pertahanan diri ketika merasa terancam, serta berfungsi untuk mematikan mangsa sebelum memakannya.

Jika racun ini terkena tubuh, kabarnya dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian lo. Namun peneliti dari pusat penelitian biologi lippie seperti yang dikutip kompas membantah, bahwa yang ditemukan di kutai timur adalah jenis solenodon melainkan jenis tikus bulan. Tikus bulan berukuran lebih kecil dari solenodon, tapi sama-sama merupakan pemakan serangga dan memiliki air liur beracun.


4. Ikan Lapis Baja

Ikan Aneh yang ada di Dunia
Fosil ikan baja di China. Sumber: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Seekor ikan unik dan aneh ditemukan oleh seorang nelayan dilepas pantai, Darwin Australia yang berbatasan dengan wilayah Indonesia.

Ikan berwarna orange ini, ditemukan dikedalaman 30 m dibawah laut. pada bagian utara perairan tersebut, sisi kanan kiri tubuh hingga ekornya dipenuhi duri dengan kepala berbentuk pipih. Serta memiliki semacam tantuk pada area sekitar mulut.

Para ahli mengidentifikasi ikan ini, sebagai robin laut lapis baja atau armored sea robin. Robin laut lapis abaja ini merupakan species langka yang bisa saja, ditemukan di perairan dalam diseluruh dunia dengan sebagian besar speciesnya di daerah tropis.

Ikan ini masuk dalam salah satu 45 species keluarga peristediidae yang langka. Ikan ini memiliki kulit berduri dilengkapi kaki yang dapat ia gunakan untuk berjalan, dan mengendap-endap didasar laut guys.


3. Kelelawar Raksasa

Kelelawar Terbesar di Dunia
Ilustrasi Kelelawar Raksasa. Sumber: twitter.com

Seekor kelelawar raksasa pernah ditemukan oleh tnetara Indonesia. Kelelawar raksasa ini, diperkirakan memiliki besar tubuh seukuran orang dewasa guys. Hal ini menyusul laporan dari warga sekitar yang resah dengan keberadaan hewan nocturnal ini, karena mengaitkannya dengan ahul hewan mitologi yang kabarnya hidup di hutan tropis jawa.

Diketahui, kelelawar ini merupakan jenis kelelawar Giant golden crowned flying fox yang memiliki nama latin acerodon jubatus. 

Hewan ini memakan buah dan madu dari bunga dan memiliki bentang sayap hingga 1,7 m.

Habitatnya berada di gua dan hutan hujan guys. Sayangnya kelelawar jenis ini, termasuk dalam jenis yang terancam punah oleh badan konservasi alam internasional. 

Yaa mungkin karena disangka hewan jadi-jadian, jadi banyak yang dibunuh ya guys atau bisa jadi karena deforestasi.


2. Ikan Kepala Buaya

Ikan Aneh Berkepala Buaya
Ilustrasi Ikan berkepala buaya. Sumber: news.kkp.go.id

Warga krapyak kabupaten jepara dikejutkan dengan penemuan hewan aneh, yaitu ikan berkepala mirip buaya. Tubuh hewan air ini, tampak seperti ikan pada umumnya guys. Yang memiliki sisik namun hewan ini memiliki kepala yang mirip dengan buaya, dan juga memiliki gigi tajam persis buaya.

Ikan ini ditemukan pada saat normalisasi sungai yang dilakukan oleh para warga. Sontak penemuan ini membuat geger warga guys.

Hmm, bisa jadi yang dtemukan warga adalah ikan alligator atau alligator gar ya, yang berasal dari amerika utara fakultas perikanan dan kelautan.

Universitas airlangga memang pernah mencatat keberadaan ikan alligator gar attractetus patula di perairan terbuka jawa dan bali. Disebabkan karena pemilik atau kolektor hewan predator eksotis ini, lalai atau bisa juga karena takut tertangkap yang berwajib. karena Indonesia melarang ikan ini untuk dipelihara, disebabkan ikan ini merupakan ikan carnivora invasive.


1. Serangga Aneh

Serangga Aneh di Dunia
Serangga aneh ditemukan pengguna facebook di Kebumen. Sumber: Facebook.com/Gandik

Seekor serangga yang memiliki bentuk tubuh aneh tidak sengaja ditemukan oleh seorang warga asal Kebumen, Jawa Tengah. Serangga tersebut, memiliki sayap tubuh berwarna oranye kemerahan, bertotol gelap serta kaki berwarna hitam berbulu mirip dengan ekor yang berjumlah 4 buah pada bagian bawah tubuhnya.

Serangga tersebut diidentifikasi sebagai seekor ngengat jenis creatonotos gangis ngengat jantan, ini memang banyak ditemukan di sekitar asia tenggara dan Australia.

Bagian tubuhnya yang mirip jaring-jaring berwarna hitam tersebut, merupakan organ yang berisi feromon atau wewangian yang dikeluarkan ngengat saat birahi guys.

Nahh, bagian yang disebut cirmata tersebut jika membesar dan berbulu, bisa jadi merupakan pertanda jika ngengat jantan ini mengajak kawin lawan jenisnya guys.

Wahh ternyata itu hanya ngengat yang kawin, tapi yaa namanya belum pernah melihat biasanya sudah takut duluan ya guys.

Nah, itulah mengenai 10 hewan aneh yang sempat viral di internet. Kalau menurut kamu hewan, mana nih yang patut menyandang predikat sebagai hewan paling unik dan aneh yang populer di jagat maya?